KBRI Sofia Dorong Peningkatan Wisatawan Bulgaria

By Admin

nusakini.com--KBRI Sofia melaksanakan pertemuan dengan sejumlah Travel Agent dan Tour Operator utama Bulgaria untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Bulgaria.

Duta Besar RI juga menyampaikan bahwa untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata RI kepada masyarakat asing, pihak Pemri, c.q. Kementerian Pariwisata, secara rutin memfasilitasi Familiarization Trip (famtrip) bagi para TA/TO. Diharapkan dalam waktu dekat sejumlah TA/TO dari Bulgaria yang berminat dapat berpartisipasi dalam famtrip tersebut. 

Pejabat Ekonomi KBRI Sofia lebih lanjut melanjutkan keunggulan wisata RI dibandingkan dengan negara lainnya di kawasan, serta wisata-wisata tematik yang menarik bagi wisatawan Bulgaria. Video-video destinasi wisata utama Indonesia juga ditampilkan untuk lebih menarik peserta. 

Dalam acara ini, para peserta disuguhkan tampilan tari Bajidor Kahot dan Topeng Tua yang dibawakan group tari binaan KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara, yang terdiri dari Warga Bulgaria. 

Selain itu para peserta juga dimanjakan dengan hidangan nusantara seperti rendang, yang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia versi CNN, mi goreng, sate, nasi goreng, dan lain-lain. Para peserta tidak hanya mendapat paket lengkap kuliner dan seni budaya indonesia, lebih lanjut peserta juga mendapat goodie bag promosi Indonesia atas dukungan Kementerian Pariwisata RI. 

Sejauh ini, Indonesia bukan merupakan prioritas tujuan mancanegara wisatawan Bulgaria. Mayarakat negara ini mayoritas tertarik untuk berwisata ke negara tetangganya seperti Yunani, Turki, ataupun negara Eropa lainnya. Namun Indonesia mempunyai potensi yang dapat terus dikembangkan bagi segmen pasar khusus di Bulgaria, yang selama ini kurang mengenal Indonesia. 

Diharapkan dengan upaya yang dilakukan KBRI ini dapat meningkatkan daya saing Indonesia sebagai negara tujuan wisata dibanding negara-negara tujuan wisata Asia lainnya dan dapat meningkatkan jumlah turis asal Bulgaria ke Indonesia.​(p/ab)